Pengertian konsep pemasaran adalah suatu
konsep dan cara dasar yang di terapkan dalam melakukan strategi manajemen
pemasaran produk atau jasa pada sebuah organisasi ataupun perusahaan.
Konsep marketing mencakup 6 hal yaitu :
1.
Konsep produksi
Artinya konsep bagaimana
supaya konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya
murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya
untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas
manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap
akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.
2.
konsep penjualan
Konsep dimana konsumen akan
menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik.
Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen
dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri
terbaik.
3.
Konsep Penjualan
Konsep yang menjadikan
konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya
penjualan dan promosi yang agresif. diusahakan agar konsumen tertarik dengan
produk yang di tawarkan.
4.
Konsep pemasaran
Konsep ini dilakukan untuk
mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar
sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan
efisien dibandingkan para pesaing.
Perbandingan konsep penjualan
dan konsep pemasaran
Keterangan : pemasaran
terpadu terdiri dari kegiatan pemasaran eksternal yaitu pemasaran yang
ditujukan kepada orang-orang di luar perusahaan dan kegiatan internal merupakan
kegiatn mengenai keberhasilan dalam menerima, melatih dan memotivasi karyawan yang
memiliki kemampuan dan ingin melayani pelanggan dengan baik.
1.
konsep pemasaran sosial
Merupakan bentuk dari tugas
suatu organisasi yang menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar
sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih
efektif dan efisien dari pada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan
kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
2.
konsep pemasaran global
Konsep pemasaran Global
dimaksudkan supaya seorang manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor-
faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang
mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak
yang terlibat dalam perusahaan.
Dalam penerapan ke enam Unsur
dari falsafah bisnis atau konsep pemasaran diatas hendaklah mengandung 3 elemen
penting yaitu : Orientasi pada Konsumen,
Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral, Kepuasan Konsumen. Hal ini demi
mencapai penyusunan konsep pemasaran yang efektif berjalan baik.
Lingkungan Pemasaran adalah lingkungan
perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang
mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan
hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Perusahaan harus terus
melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan
yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Dengan mempelajari lingkungan,
perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan
peluang pasar yang baru.
Lingkungan pemasaran
merupakan komponen kekuatan-kekuatan diluar aspek pemasaran yang dapt mempengaruhi
kemampuan manajemen dalam membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan
yang terdiri dari lingkungan internal (mikro) dan lingkungan eksternal (makro).
Struktur sistem lingkungan
pemasaran :
1. LINGKUNGAN
INTERNAL
lingkungan internal adalah
kegiatan-kegiatan internal perusahaan yang dapat dikendalikan, artinya, untuk
mencapai tujuan dan menjalankan strategi pemasaran, pemasar mampu
melakukan pengendalian atau pengaturan atas operasi kegiatan-kegiatan tersebut
seperti yang dikehendaki perusahaan. perusahaan dapat melakukan alokasi
sumberdaya secara produktif melalui koordinasi faktor manusia dan alat-alat
manajemen.
Pemahaman lingkungan internal
(fungsi pemasaran dan fungs nonpemasaran) pada umumnya perlu ditekankan pada
aspek :
1. Aspek Sumberdaya Organisasi, meliputi kekayaan, kemampuan, dan posisi
pasar. Mampu mendukung startegi dan dipercaya dapat berpengaruh terhadap usaha
merealisasi tujuan organisasi.
2. Aspek Manusia. Sumbedaya manusia merupakan kekuatan perusahaan, tetapi
sebaliknya dapat juga sekaligus sebagai ancaman perusahaan apabila tidak
dikendalikan dengan baik.
3. Aspek alat-alat manajemen dan teknologi, meliputi siste informasi,
organisasi, dan teknik-teknik operasional. Penguasaan manajemen teknologi atau
teknologi mampu memberikan kekuatan kepada perusahaan. Akan tetapi
pengendaliannya memerlukan investasi yang tidak sedikit.
1.1
LINGKUNGAN INTERNAL-PEMASARAN (BAURAN PEMASARAN)
pada umumnya
aspek pemasaran meliputi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan :
- Perencanaan
barang (product)
- Penetapan
harga (price)
- Program
promosi (promotion)
- Saluran
distribusi (place)
2.
LINGKUNGAN EKSTERNAL
Lingkungan eksternal kegiatan pemasaran adalah
pengaruh-pengaruh tidak langsung yang berada di luar kekuasaan atau kendali
pemasar. pengaruh-pengaruh tersebut akan memaksa pemasar untuk menyesuaikan
arah dan starteginya agar tetap survive di lingkungannya.
Situasi maupun perubahan-perubahan yang terjadi pada
lingkungan luar ini dapat memberikan peluang-peluang atau hambatan-hambatan yang
dapat dimanfaatkan atau diatasi oleh pemasar. Tidak semua pemasar mampu
menangkap atau bahkan menciptakan peluang-peluang atau hambatan-hambatan
tersebut. misalnya deregulasi otomotif yang dikeluarkan pemerintah, bagi
perusahaan tertentu (misalnya importir mobil mewah) dapat merupakan peluang
untuk mengembangkan usaha, tetapi bagi perusahaan lain (eksportir mobil
sederhana) dapat merupakan ancaman.
2.1 LINGKUNGAN EKSTERNAL-MAKRO
Lingkungan luar makro meliputi aspek :
Kondisi Perekonomian
Perekonomian
adalah kondisi lingkungan eksternal yang berkaitan dengan persoalan
keseimbangan penggunaan sumberdaya yang terbatas oleh berbagai pihak untuk
menjalankan kegiatan produksi.
Konsekuensi
dari masing-masing sistem serta kegiatan pertumbuhan ekonominya memberikan
pengaruh terhadap kegiatan perusahaan. untuk dapat memahaminya, diperlukan
berbagai indikator yang dapat menjelaskan kegiatan-kegiatan ekonomi suatu
negara.
indikator-indikator
tersebut adalah :
- Pendapatan
dan produk nasional (GNP,GDP,Tingkat konsumsi)
- Harga,
upah, produktivitas (tingkat inflasi, index harga)
- Investasi
(industri, peralatan)
- Tabungan
(personal, bisnis)
- Tenaga
dan kesempatan kerja (jumlah TK, unemployment)
- Kegiatan
pemerintah (PJP, Pelita, APBN)
- Transaksi
internasional (Neraca Perdagangan, Ekspor, Impor)
Hukum, Politik dan Peraturan Pemerintah
Pemerintah
mengendalikan kegiatan dan warganegaranya dengan berbagai hukum, politik, dan
peraturan-peraturan. hal-hal yang harus diperhatikan adalah :
- Hukum
Lokal, Dagang, Internasional
- Badan
Arbitrasi, Hak cipta
- Kestabilan
dan resiko politik
- Kebijakan
Moneter dan Fiskal
- Investasi
dan Industri
- Perbankan
dan Perdagangan DN dan LN
- Subsidi,
Proteksi dan pembatasan
Kependudukan dan Keseimbangan Lingkungan
Sebagai
warga negara maupun bukan warganegara, pengaruh penduduk bagi perusahaan sangat
penting. penduduk merupakan pasar potensial. oleh karena itu perlu dipahami
dengan baik. keberadaan penduduk disuatu wilayah atau negara tidaklah tetap,
melainkan selalu berubah. baik dalam jumlah, komposisi, maupun perilakunya.
Oleh karena
itu, perlu dijaga keseimbangannya dengan baik.
- Perubahan
jumlah dan komposisi penduduk
- Distribusi
pendapatan penduduk
- Penyebaran
dan kepadatan penduduk
- Besar
anggota dan siklus kehidupan keluarga
- Persediaan
sumberdaya alam
- Pencearan
dan ekosistem
Teknologi
Kemajuan
teknologi mempengaruhi perkembangan kegiatan proses produksi. tidak hanya
memperbaiki cara-cara dalam memproduksi tetapi juga material yang diperlukan
untuk proses produksi menjadi semakin baik. banyak produk-produk baru yang
diperlukan dan kemudian diciptakan, tetapi juga banyak produk-produk yang tidak
lagi diperlukan karena sudah usang.
Perubahan-perubahan
lingkungan teknologi tersebut memberikan pengaruh besar terhadap perusahaan.
untuk engendalikannya, perusahaan merasa perlu mengembangkan sendiri. yaitu
semakin banyak pusat-pusat riset dan pengembangan teknologi dibangun oleh
perusahan-perusahan.
- Tahap
teknologi baru atau inovasi
- Tahap
pengembangan teknologi
- Tahap
penggunaan teknolog
Sosial dan Kebudayaan
Sosial dan kebudayaan
meliputi :
·
Kultur dan etos kerja
·
Konsep keluarga dan masyarakat
·
Perubahan gaya hidup
·
Pendidikan dan kualitas kehidupan
·
Kehidupan religius
·
Globalisasi
·
Transportasi dan komunikasi
Source :
How to Play Real Money Games - Dr. McD
BalasHapusThe best online 목포 출장마사지 casino for playing real money games. With a solid 안산 출장샵 reputation for 동해 출장안마 gambling 충청남도 출장마사지 games, the best online 고양 출장샵 casinos in the United States have a